Kakanwil Bersama Tim Dampingi Kafilah Jatim Di Ajang Pentas PAI VIII Provinsi Aceh


Jatim (Inmas) 11/10/2017 Pentas PAI Ke 8 Tingkat Nasional di Taman Sri Ratu Safiatuddin, Banda Aceh,  resmi dibuka Menteri Agama, Bapak H. Lukman Hakim Saifuddin (LHS) hari Senin, (9/10/17) dengan didampingi Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf setelah ditandai pemukulan rapai pada malam tersebut.
LHS menjelaskan, Pentas PAI merupakan sebuah kebutuhan anak-anak Indonesia. Melalui kegiatan Pentas PAI kita dapat mengukur kemampuan minat dan bakat mereka dalam bidang agama Islam. Sementara bagi guru dapat menjadi kebutuhan meningkatkan keilmuan dalam agama Islam. Bagi pemerintah kegiatan itu harus dapat menjadi agenda pembinaan dan pemantauan pendidikan agama Islam secara nasional, sejak pelaksanaan pentas PAI pertama 2008 Ini yang pertama kita laksanakan di luar Jawa, tandasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf di hadapan para peserta mengajak masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai keberagaman dalam kehidupan. dan agama Islam sangat menghargai keberagaman. Ia menyebutkan, di Indonesia para pejabat negara, polisi dan TNI diisi oleh mayoritas muslim. Dengan kondisi itu, ia mengajak agar mayoritas dapat melindungi kaum minoritas dimana pun berada. Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak bersifat defensif (bertahan), karena sikap defensif menunjukkan sikap orang yang tertekan. Ia menambahkan, kaum mayoritas harus mampu melindungi minoritas. Selanjutnya mengajak peserta Pentas PAI dari seluruh Indonesia untuk dapat menikmati objek wisata yang ada di Banda Aceh dan kedatangan para peserta ke Aceh akan menimbulkan kesan yang baik dan dapat mempromosikan Aceh ke daerah masing-masing.
Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd bersama Tim Kanwil dan semua Kepala Kankemenag se Jawa Timur turut hadir dalam Pentas PAI VIII Aceh. Hadir pula Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso menemani Kafilah Jatim hingga hari terakhir kegiatan. Gebyar Pentas PAI kali ini diikuti sekitar 1.200 peserta dari 34 provinsi yang akan berlangsung hingga tanggal 14 oktober 2017.
Dan yang akan dilombakan dalam Pentas PAI tahun ini meliputi delapan cabang yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP), Lomba Kaligrafi Islam (LKI), Lomba Seni Nashid (LSN), Lomba Debat PAI (LDP), dan Lomba Kreasi Busana (LKB), sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kankemenag Probolinggo Via Whatsapp dari Hotel Sulthan Aceh saat menemani Ananda Asghar Kandaz siswa SD Zainul Hasan Genggong Probolinggo. (Ansori).

Posting Komentar

0 Komentar